pelangi

bismallah

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Rundown

Supported by Blogaul

ttt

tttww

hujan salju

http

selamat datang

Minggu, 16 Desember 2012

membuat teks tiga dimensi


membuat teks tiga dimensi

cara membuat teks efek tiga deminesi seperti contoh teks PERSIB BANDUNG seperti contoh  di atas , begini langkah2nya:


1. pertama kita buka halaman baru pada photoshop dengan ukuran seperti gambar ilustrasi dibawah, disini saya menggunakan photoshop cs3,

2. setelah dokumen baru dibuat pilih TYPE TOOL , pada menu bar pilih  jenis  font serta ukuran dan warna yang anda inginkan , disini saya menggunakan font impact dengan ukuran 60 pt dengan warna biru tua.



3. ketikan teknya (PERSIB BANDUNG) setelah selesai  klik tanda centang (checkmark)


4. selanjutnya untuk memperbesar ukuran hurupnya pilih menu EDIT terus pilihFREE TRANSFORM  ( ctrl+T) , setelah layer  teks tadi terseleksi tinggal  tarik sudut bawah pada layer teks lalu klik MOVE TOOL setelah muncul kotak dialog klikAPPLAY  untuk mengunci besar  teks yang kita buat tadi sekaligus memindahkan pemakaian tool.



5. selanjutnya  pergi ke  menu bar dan pilih menu LAYER di bagian atas layar, pilihTYPE, kemudian pilih CONVERT TO SHAPE, gunanya untuk menghilangkan lapisan transparan pada teks agar bisa merubah  sudut pandang pada teks untuk membuat efek tiga dimensi, Jika kita lihat dalam palet Layers, kita dapat melihat bahwa teks lapisan sekarang terlihat berbeda, karena itu tak ada lagi lapisan teks PERSIB BANDUNG , dan kita sekarang bebas untuk menerapkan Perspektif transformasi untuk membuat teks efek 3 Dimensi.



6. kembali ke menu EDIT lalu pilih TRANSFORM PATH  lalu pilih lagi PERSPECTIVE  untuk menyeleksi layer  yang akan di rubah sudut pandangnya.

7. tariklah suduk seleksi  bagian kanan bawah ke bawah dan terlihat efek dari merubah layer teks menjadi shape layer teks, karena hilangnya lapisan teks  menyebabkan sisi bagian kanan teks berubah bentuk dan sisi bagian kiri teks tetap tidak berubah .




8. selanjutnya  copy shape layer  teks  sebanyak 68 kali atau sesuai dengan yang anda inginkan dengan cara pindahkan dulu pemakaian toolnya dengan klik MOVE TOOL  atau secara singkatnya tekan hurup  pada keyboard  tiap kali kita hendak pindah pemakaian tool, lalu copy layer teks sebanyak 68 kali  dengan cara singkat yaitu tinggal menekan tombol ALT dan menekan  tombol panah bagian kiri pada keyboard sampai 68 kali atau sebanyak yang anda inginkan.

9. selanjutnya pindahkan layer  teks  asli ke atas layer teks copy, dengan cara menyeretnya ke atas atau secara singkat yaitu  dengan  tekan Ctrl + Shift +]

10. seleksi seluruh  layer teks dengan cara menahan tombol shift  lalu klik layer teks copy  bagian paling atas dengan bagian layer teks copy yang paling bawah atau sebaliknya, lalu  pada menu bar pilih menu LAYER terus pilih MERGE LAYERS(ctrl+E)






11.  masih tetap pada gabungan layer teks copy (PERSIB BANDUNG copy) yang menjadi layer aktif , berikan gradasi warna pada layer tersebut. klik icon ADD LAYER STYLES  pilih GRADIENT OVERLAY. setelah mucul  kotak dialog layer style  setel gradasinya dari hitam ke putih.(lihat gambar ilustrasi di bawah)  lalu klik OKselesai.







12.  beginilah  hasil akhir pembuatan teks tiga dimensi  barusan dengan menggunakan photoshop cs3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar